Pengen Beli Jaket? Baca Dulu Tips Memilih Jaket Yang Sesuai dan Nyaman Dipakai

8 bulan yang lalu      Tips

Jaman sekarang siapa sih yang ga punya jaket? Hampir semua kalangan pasti punya, baik itu anak muda, maupun orang dewasa. Jaket sudah menjadi konsumsi wajib bagi masyarakat menjalani aktivitas kesehariannya.

Jaket memiliki banyak fungsi, ada yang demi melindungi kulit dari panasnya sengatan matahari dan dinginnya hawa malam, ada juga yang memang agar tampil modis dan stylish atau justru melindungi lekuk tubuh (Hijacket?). Hal ini dikarenakan banyaknya jenis jaket yang beredar, ada jenis jaket kulit, jaket parka, jaket bomber, jaket jumper, jaket parasit, jaket hoodie, jaket sweater, bahkan jaket hijab. (Hijacket?)

Nah, dalam pemilihannya sendiri cukup gampang-gampang susah. Tentunya karena banyak faktor yang melatarbelakangi, mulai dari kain bahan jaket, desain dan model jaket, jenis jaket yang sesuai dengan aktivitas, kualitas baik dari kain bahan maupun hasil jahitan, dan tentu saja yang paling penting, harga yang dibandrol. Secara umumnya, tentu kamu pasti ingin jaket yang berkualitas baik, jahitan rapi, bisa di segaka kondisi  dan lingkungan, dan pastinya harga murah.

Nggak salah sebenarnya, tapi kembali ke istilah “Ada harga, ada rupa”, kamu harus cermat dalam memilih jaket, jangan hanya tergiur harga murah saja, bisa-bisa kamu malah rugi dan nyesel nantinya. Nah, mimin sendiri punya tips nih buat kamu yang lagi pingin beli jaket atau sekedar menambah koleksi jaket di lemari kamu.

Tips ini akan mimin rangkum dalam lima poin saja, biar kamu nggak bosen juga banyak-banyak baca (hehe…)

 

 Sesuaikan dengan kebutuhan kamu - Jaraffe Shop

Sesuaikan dengan kebutuhan kamu

Kalau mau beli jaket, masa iya sembarangan belinya, beli jaket kulit buat ikutan arung jeram? Beli jaket polyfiber buat jalan-jalan ke mall? Beli jaket sweater dibuat jalan-jalan ke pantai? Ahelah… kasian jaketnya. Kamu sendiri harus pastikan dulu, apa tujuan kamu beli jaket. Untuk jalan-jalan santai, kegiatan adventure, pergi ke kampus, jogging biar bakar lemak, atau jalan diatas cat walk?

Di lain hal, kamu juga bisa mempertimbangkan bahan kain apa yang paling nyaman di kulitmu. Untuk hal ini, lebih kepada preferensi kesukaan masing-masing individu karena tentu nggak semua jenis bahan kain jaket bisa nyaman untuk semua orang ketika dipakai.

Sebagai contoh saja, semisal kamu suka banget jalan-jalan keluar, hang out bareng-bareng temen atau jalan sama si doi, kamu bisa jadikan jaket hoodie, jumper, atau bomber sebagai pilihan untuk tampil casual. Contoh lain lagi, kamu suka banget nih touring keliling-keliling kota sambil bawa motor gede, kamu bisa coba lirik jaket kulit biar kamu lebih terlihat karismatik.

 

 

Pede sama desain model jaket yang kamu pilih - Jaraffe Shop

Pede sama desain model jaket yang kamu pilih

Desain model jaket jaman now pasti sudah banyak banget, dan itu bukan berarti kamu harus keep up to date dengan fashion ootd yang lagi nge-trend kok, kamu bisa juga pilih jaket vintage atau gaya lama. Karena inti dari pemilihan desain model jaket ini adalah kepercayaan diri kamu ketika mengenakan jaket.

Walaupun memang sekarang ini banyak banget kalangan muda yang lagi rajin pamerin jaket bomber atau parka, kamu ga harus jadikan itu sebagai acuan karena kamu punya seleramu sendiri. Buat apa ikut-ikut trend fashion kalo dirinya sendiri ga nyaman pakai nya.

 

 

Tentukan warnamu sekarang! - Jaraffe Shop

Tentukan warnamu sekarang!

Untuk urusan warna, biasanya kalangan laki-laki ga terlalu muluk, kebanyakan pasti suka warna-warna yang gelap, seperti hitam, misty, navy, atau maroon. Alasan dibalik pemilihan warna ini karena warna yang gelap cenderung terlihat keren untuk dilihat dibanding warna cerah yang cenderung kekanak-kanakan. Tapi hal ini nggak absolut, laki-laki pakai jaket warna cerah pun nggak masalah selagi nyaman. 

Beda dengan laki-laki, perempuan lebih bebas dalam pemilihan warna, karena perempuan yang cenderung moody-an, dia memilih warna yang paling bisa mewakili kepribadiannya atau bisa juga agar bisa dipadu dengan pakaian lainnya agar serasi dengan tujuan enak dipandang.

Selain itu, mungkin kamu juga bisa punya pemikiran bahwa warna yang akan kamu pilih dapat berpengaruh pada total pengeluaran untuk laundry kamu. Semakin gelap, maka terlihat semakin tidak mudah kotor, dan sebaliknya, semakin cerah, maka terlihat semakin mudah kotor yang akhirnya memaksa kamu untuk segera mencucinya hehe…

 

 

Harus paham ukuran tubuh - Jaraffe Shop

Harus paham ukuran tubuh

Logikanya, orang pasti bakal beli jaket yang pas dan sesuai dengan ukuran tubuh nya kan, tapi nggak ada salahnya juga kalo kamu semisal pingin jaket yang ukurannya agak longgar dari tubuh kamu atau mungkin malah suka yang ketat? Sesuaikan aja lah sama selera.

 Tapi mimin mau tetap menekankan satu hal lho, ketahui ukuran tubuh kamu, mulai dari panjang badan, lingkar tubuh, hingga lingkar lengan  juga. Percaya deh, kamu bakal terima kasih sama mimin, mau tau kenapa?

Belum tentu kamu bisa nemu jaket impian kamu di toko terdekat, bisa jadi kamu malah nemu nya di toko online. Karena kamu gabisa nyoba dulu sebelum beli, kamu harus dapat referensi ukuran detail jaket yang mau kamu beli, kan ga lucu kamu belinya L, eh malah kekecilan serasa ukuran M haha… Pastikan juga toko online yang kamu kunjungi menyertakan ukuran detail produknya, kalau nggak ada, minta si pemilik toko kasih tahu, kalau ga dikasih tahu? Mending coba cari di toko online lain. Itu artinya si penjual ga paham sama produknya sendiri.

 

 

Harga sebanding dengan kualitas dan juga isi dompet - Jaraffe Shop

Harga sebanding dengan kualitas dan juga isi dompet

So pasti, seperti yang sempat mimin singgung di awal, harga cukup berpengaruh dalam mempengaruhi alam bawah sadar kamu sampai kamu ga perlu mikirin faktor lain sebelum membeli jaket yang sesuai keinginan.

Harga murah, jelas menggiurkan, tapi kamu juga harus melek, sesuai kah jaket seharga segitu dengan ekspektasi terhadap si jaket? Coba piker-pikir dulu deh.

Pertama kamu harus coba memahami pasar model jaketnya, semisal kita ngomongin tentang jaket kulit, tentu memiliki rentang harga yang mulai dari Rp.800.000,- hingga Rp.2.000.000,-, bahkan bisa lebih tergantung dari nilai brand jaket tersebut. Lalu dari jaket hoodie yang pada umumnya berbahan dasar fleece dengan kualitas baik, pasti dibandrol dengan rentang harga kisaran Rp.120.000,- hingga Rp.200.000,-, bergantung juga pada nilai brand jaket tersebut. Jadi, cermatlah dalam mengatur budget ketika hendak membeli jaket.

 

Sudah ada gambaran ya? Good, kalo gitu kamu tahu langkah berikutnya, yaitu belanja jaketnya! Mau di mall, mau di distro, atau di toko online juga bisaaaa... suka-suka aja hehe, semua punya pilihannya masing-masing. Jangan lupa juga untuk terapkan tips Jaraffe ke mindset kamu, biar ga ngawur milihnya.

Ditunggu ya, artikel-artikel tips dan lainnya dari Jaraffe, buat yang lagi cari-cari jaket nih, bisa langsung cek katalog (klik disini!) produk kita yak, dijamin banyak pilihan yang cocok buat dipamerin hihihi.

 

 

 



Artikel Terkait


Artikel terkait tidak ditemukan

Komentar Artikel "Pengen Beli Jaket? Baca Dulu Tips Memilih Jaket Yang Sesuai dan Nyaman Dipakai"